Apa Perbedaan Physical, Chemical, dan Hybrid Sunscreen?

Beauties pasti udah ga asing lagi dengan produk skincare yang satu ini, yaitu sunscreen. Produk ini seperti wajib di bawa kemana-mana, apalagi saat mau beraktivitas di luar ruangan.

Fungsi utama dari sunscreen adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sehingga kulit terhidar dari risiko kanker kulit atau perubahan warna kulit menjadi gelap.

Nah, saat ini udah banyak banget produk sunscreen dengan formula dan jenis yang berbeda-beda, ada yang physical, chemical, dan hybrid sunscreen. Apasih perbedaan dari ketiga jenis tersebut?

Physical Sunscreen


Physical sunscreen atau dikenal dengan mineral sunscreen merupakan jenis sunscreen yang terbukti efektif menghalangi sinar UV menembus ke dalam kulit. Keunggulan dari jenis ini adalah aman digunakan kulit sensitif, tidak menyumbat pori-pori, dan dapat digunakan di berbagai usia.


Biasanya, physical sunscreen mengandung ingredients seperti titanium dioksida atau seng oksida (zinc oxide). 

.

Chemical Sunscreen

Chemical sunscreen atau dikenal dengan sunscreen organik merupakan sunscreen yang bersifat kimiawi, bekerja di bawah permukaan kulit dengan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, sehinnga sinar tidak masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam.

Selain terbukti efektif melindungi kulit dari sinar UV, kelebihan chemical sunscreen juga memiliki tekstur yang ringan, tidak menimbulkan white cast, serta tahan air dan keringat.

Beberapa bahan kimia yang termasuk ke dalam chemical sunscreen adalah oxybenzone, avobenzone, octinoxate, octocrylene, octisalate, dan ecamsule.

Hybrid Sunscreen

Nah, kalau Hybrid sunscreen ini merupakan jenis baru yang lagi naik daun di dunia kecantikan. Hal ini dikarenakan hybrid sunscreen merupakan gabungan dari physical dan chemical.

Maksudnya, hybrid sunscreen memiliki perlindungan seperti physical sunscreen dan diformulasikan dengan tekstur ringan seperti chemical sunscreen, sehingga nyaman untuk digunakan sehari-hari.


Boss Babe Tinted Sunscreen merupakan jenis hybrid sunscreen dengan SPF 30PA++, sehingga dapat digunakan semua jenis kulit dengan pemakaian sehari-sehari, karena teksturnya yang ringan dan terdapat tiga share yang bisa disesuaikan dengan warna kulit kamu.